CARA PENGURUSAN VISA KELUAR NEGERI

img

CARA PENGURUSAN VISA KELUAR NEGERI

17 September 2019

NGURUS VISA SENDIRI = NGURAS WAKTU, TENAGA DAN DOMPET. APA IYA?

Hi Sobat Abadi, kali ini admin punya pembahasan soal visa terutama jika ngurus sendiri. Topik ini pasti ada pro dan kontra, tapi tentunya semuanya sangat beralasan ya sobat. Untuk kalian yang tinggal di kota Jakarta, Surabaya, Medan dan Makassar mungkin tidak akan setuju jika ngurus visa sendiri itu nguras waktu, tenaga dan dompet. Kenapa kayak gitu? Karena rata-rata kedutaan membuka perwakilan di kota-kota yang admin sebutkan diatas. Jadi buat sobat Abadi yang tinggal di salah satu kota yang disebutkan diatas, masih muda, berjiwa petualang, punya waktu luang dan ingin menekan pengeluaran pasti akan jadi tim kontra jika ngurus visa sendiri itu nguras waktu, tenaga dan dompet.

Tapi, buat sobat Abadi yang tinggal jauh dari kota Jakarta, Surabaya, Medan dan Makassar tentu akan lebih hemat jika pengurusan visanya menggunakan jasa agen. Kenapa lebih hemat? Ayo kita bahas satu per satu,

  1. Efisien Waktu

Bisa dibilang menggunakan jasa agen untuk mengurus dokumen perjalanan itu bisa memangkas sekitar 50% waktu yang dibutuhkan para sobat Abadi untuk mengurus dokumen perjalanan sendiri. Sobat Abadi cukup siapkan berkas syarat-syaratnya, serahkan berkas ke pihak agen dan bayar biaya visa dan jasanya. Setelah itu apa? Sobat Abadi cukup santai saja dirumah sampai batas waktu visa jadi dan dikirim ke agen tempat sobat Abadi mengurus visa. Tapi jika sobat Abadi mengurus visa untuk tujuan negara wilayah Schengen dan Amerika, sobat harus datang setidaknya 1x ke kedutaan untuk perekaman biometrik sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Bisa sobat Abadi bayangkan ya, seandainya sobat tinggal di Jogja atau kota lain yang jauh dari kantor perwakilan kedutaan dan kunjungan ke kedutaan mulai dari pengajuan sampai visa bisa diambil itu tidak hanya 1x kunjungan saja, bisa 2 – 3x, itu jika syarat-syaratnya sudah lengkap dan tidak ada yang tertinggal ya, tapi jika ada syarat yang kurang bisa sampai 4x kita harus bolak – balik ke kedutaan. Buat sobat Abadi yang punya banyak waktu luang mungkin itu tidak akan jadi masalah, namun jika sobat Abadi adalah seorang mahasiswa, pekerja, atau wirausahawan yang tidak punya banyak waktu luang pastinya itu akan membuang-buang waktu.

  1. Efisien Tenaga

Efisien tenaga juga termasuk ya min? Jawabannya adalah “Iya dong”. Kok bisa? Tentu saja bisa, nih aku kasih penjelasannya.

Coba sobat Abadi bayangin, seumpama sobat datang dari Kota Jogja atau kota lain menuju ke kantor perwakilan kedutaan. Kalau sobat naik pesawat, mungkin tidak akan terlalu capek karena perjalanan cukup singkat. Tapi bayangin jika sobat naik kereta, bus atau travel yang membutuhkan waktu cukup lama untuk sampai ke kota Jakarta, bisa bayangin ya tidur di angkutan umum itu rasanya seperti apa, walau bisa tidur tapi tetap setelah bangun badan terasa capek atau pegal.

Kalau sobat Abadi gunakan jasa agen, tenaga yang keluar tentu tidak sebanyak ketika sobat ngurus sendiri. Sobat cukup keluarkan tenaga untuk urus syarat-syaratnya, kirim ke agen, transfer pembayaran dan ambil visa di agen. Bahkan sekarang sobat bisa gunakan jasa kurir untuk ambil/antar dokumen, semakin hemat tenaga bukan?

  1. Efisien Uang

Nah ini dia poin utamanya, buat sobat Abadi yang tinggal di Jogja atau kota lain yang jauh dari kantor perwakilan kedutaan ini sangat penting karena berkaitan dengan pengeluaran. Mari kita hitung secara kasar berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus visa sendiri ke kedutaan.

  • Tiket Pesawat PP Jogja – Jakarta *pengajuan visa  : 1.000.000
  • Tiket Pesawat PP Jogja – Jakarta *pengambilan visa : 1.000.000
  • Biaya Taxi Bandara – Kedutaan : 100.000
  • Biaya cetak rekening koran/surat rekom bank : 1.00.000
  • Biaya visa Jepang *contoh   : 570.000.- 
  • TOTAL BIAYA    :         2.770.000

Itu tadi adalah perhitungan secara kasar ya sobat, belum termasuk jika sobat jajan atau makan dan menginap di hotel. Biaya itu bisa lebih hemat jika sobat menggunakan bus atau travel.

Lalu kalau menggunakan jasa agen berapa biaya yang harus dikeluarkan? Apakah lebih murah dari hitungan kasarnya, atau lebih mahal atau sama saja? Jawabannya adalah, tergantung dari masing-masing agen. Kenapa seperti itu? Karena tidak ada patokan tetap yang digunakan agen untuk menentukan harga jasa pengurusan visa. Mungkin banyak sobat yang akhirnya jadi galau menentukan antara ngurus visa sendiri atau lewat agen, karena banyak artikel juga yang mengatakan bahwa menggunakan jasa agen untuk pengurusan visa itu harganya sangat mahal.

Perlu sobat ketahui, bahwa tidak semua agen mematok harga yang mahal kok, masih banyak agen yang mematok harga normal sesuai dengan dimana lokasi agennya dan di kota mana perwakilan kedutaan yang akan dituju. Tapi memang sobat Abadi harus jeli memilih agen ya, karena tidak sedikit juga agen yang abal-abal dan tidak bertanggungjawab. Jangan sampai pengennya berhemat tapi justru tertipu. Pastikan agen yang sobat pilih itu,

  1. Memiliki izin resmi.
  2. Alamat kantor jelas.
  3. Mudah dihubungi.
  4. Komunikatif, informatif dan fast respon.
  5. Jangan mau jika diminta transfer ke rekening pribadi karyawan agen, sobat harus minta no rekening perusahaan.
  6. Datangi kantor agennya untuk mendapatkan penjelasan lebih detail dan memantapkan langkah sobat dalam memilih agen pengurusan dokumen perjalanan.
  7. Googling untuk mencari rewiew terbaru dari pelanggan terkait pelayanan dan agen tersebut abal-abal atau tidak.

Di Jogja sendiri ada beberapa agen yang melayani jasa pengurusan dokumen perjalanan (paspor & visa), salah satunya adalah Abadi Tour Jogja yang berdiri sejak 2012 sampai dengan sekarang. Sudah ratusan dokumen yang Abadi Tour Jogja tangani dan sekitar 80% dokumen ter-approve. Devisi dokumen Abadi Tour Jogja akan membantu mengarahkan para sobat Abadi terkait syarat apa saja yang harus dilengkapi agar pengajuan visa bia goal. Ditambah dengan para admin yang komunikatif, informatif dan fast respon akan sangat membantu sobat Abadi dalam mempersiapkan dokumen kelengkapan visa. Tapi Abadi Tour Jogja khusus melayani WNI/WNA yang tinggal di Indonesia dan akan keluar negeri ya. Jika ada rekan kalian dari luar negeri dan akan berkunjung ke Indonesia atau ingin perpanjang masa tinggal di Indonesia, sementara waktu Abadi Tour Jogja belum bisa melayani.

Sobat Abadi bisa nih langsung tanya-tanya terkait pengajuan paspor dan visa ke admin Abadi Tour, gratis kok.

  • Nanda – 0812-8999-9654
  • Tata – 0852-2828-6996

Baca juga : Syarat & Harga Visa keluar negeri

Berita Terpopuler

Berita Terkait

TRIP KE SYDNEY

TRIP KE SYDNEY Mendengar kata Sydney apa yang terlintas dipikiran kalian?? Kota mewah yang elegan? Kota yang penuh dengan bangunan-bangunan beraksite...

VISA SCHENGEN

Liburan ke Eropa, jangan lupa membawa Visa Schengen. Inilah 'benda sakti' yang memudahkan Anda untuk bertualang ke 20 lebih negara di Eropa, seperti P...

JENIS - JENIS VISA

Untuk melakukan perjalanan ke luar negeri tidak cukup dengan membawa dokumen paspor saja. Ada dokumen lain yang harus dilengkapi. Dokumen tersebut ber...

ATURAN VISA BAGI WNI...

jasavisajogja.com - Sehubungan dengan adanya kekeliruan dari sebagian Warga Negara Indonesia (WNI) bahwa WNI bisa memperoleh Visa Kunjungan Saat ...