Paspor hilang?

img

Paspor hilang?

21 Juni 2018

Untuk mengurus paspor yang hilang ada beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan. Pada umumnya syaratnya sesuai dengan permohonan paspor baru seperti berikut ini:

  1. KTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta kelahiran/ ijazah / surat baptis (bagi umat Kristiani),
  4. Akta perkawinan / surat nikah
  5. Surat rekomendasi perusahaan
  6. Bukti kewarganegaraan Indonesia, surat keputusan ganti nama, rekomendasi (bagi pemohon yang berstatus karyawan/ PNS/ ABRI), dan buku pelaut, PKL, crew list (bagi ABK)

 

Sesuai mekanisme dan prosedur, ada beberapa ketentuan untuk mengajukan permohonan paspor duplikasi (penggantian) paspor baru. Di antaranya:

  1. Membuat laporan kehilangan paspor kepada Kantor Kepolisian Republik Indonesia atau pihak yang berwenang apabila anda berada di luar negeri.
  2. Apabila paspor hilang, diminta agar segera melapor ke Kantor Imigrasi dimana pemegang berdomisili untuk meminta penggantian.
  3. Penggantian paspor yang hilang, dilaksanakan setelah melalui Berita Acara Pemeriksaan dan mendapat persetujuan Kepala Kantor Imigrasi.
  4. Apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya unsur kecerobohan atau kelalaian, disertai alasan yang tidak dapat diterima,pemberian paspor dapat ditangguhkan selama 6 (enam) bulan sampai paling lama 2 (dua) tahun.
  5. Apabila paspor hilang/rusak di luar negeri, laporlah segera kepada Perwakilan RI di luar negeri.

 

Setelah Anda mengetahui syarat dan ketentuannya maka berikut ini adalah cara mengurus paspor yang hilang. Dalam mengurus paspor yang hilang prosedurnya berbeda dengan membuat paspor yang baru. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Membuat laporan kepolisian tentang kehilangan paspor ke kantor kepolisian terdekat jika paspor anda hilang atau pihak yang berwenang jika anda berada diluar negeri. Selain itu laporkan juga kehilangan paspor tersebut ke Kedutaan Besar negara yang pernah memberi visa kepada Anda.
  2. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembuatan berita acara pemeriksaan.Anda bisa mendatangi Kantor Imigrasi tempat Anda berdomisili dengan membawa berkas seperti foto kopi KK, KTP, akte lahir, dan surat nikah.
  3. Setelah berkas tersebut di serahkan di loket, petugas akan memberitahukan Anda untuk datang kembali melakukan wawancara. Anda akan menghadap pejabat Wasdakim (Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian) dan membuat BAP. Biasanya Anda akan diminta datang 3 hari kemudian.
  4. Pada saat wawancara Anda akan ditanyakan kenapa paspor bisa hilang atau rusak. Jika alasan yang Anda kemukakan diterima, Anda akan mendapatkan dokumen BAP untuk dibawa ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM.
  5. Selanjutnya di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM, berkas Anda akan diproses dan jika disetujui, Anda akan diberikan surat persetujuan untuk penggantian paspor hilang kepada Kantor Imigrasi.
  6. Lalu anda Kembali ke Wasdakim imigrasi dengan membawa surat persetujuan,biasanya kita akan diberikan slip untuk bayar denda dan biaya paspor baru. Pembayaran biaya denda dilakukan melalui Bank BNI.
  7. Setelah menyelesaikan pembayaran biaya denda dan biaya pembuatan paspor baru Anda kembali ke Kantor Imigrasi untuk mengambil nomor antrean foto dan wawancara untuk pembuatan paspor baru.

 

Demikian prosedur pembuatan paspor yang hilang, sangat menyita waktu dan biaya. Untuk itu Anda harus menyimpan dengan baik paspor Anda walau sudah tidak berlaku kembali.

Sumber : https://kreditgogo.com

Berita Terpopuler

Berita Terkait

KENAPA PENGAJUAN PAS...

  Kejadian ditolak/ditangguhkan pengajuan paspor oleh pihak imigrasi ini cukup sering terjadi loh sobat. Bahkan ada yang merasa berkas-berkasnya...

CARA PENGURUSAN PASP...

JAGA BAIK-BAIK PASPOR KALIAN, JIKA HILANG BISA DI DENDA 1 JUTA Hai sobat Abadi, kali ini kita akan membahas peraturan baru terkait Penggantian Paspor...

MASA BERLAKU PASPOR ...

JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) rencana mulai memberlakukan penggunaan paspor dengan masa berlaku 10 tahun mulai ...

PERBEDAAN PASPOR & V...

  Jasavisajogja.com – Bagi kalian yang punya minat bepergian keluar negeri pasti pernah merasakan disibukkan dengan urusan mendapatkan pas...